Tite Mundur Usai Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Pelatih timnas Brasil Tite mengatakan siklusnya telah berakhir usai Selecao disingkirkan Kroasia lewat adu penalti di Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih timnas Brasil Tite mengatakan siklusnya telah berakhir usai Selecao disingkirkan Kroasia lewat adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2022.

Brasil harus menerima kenyataan pahit di babak 8 besar. Tim yang difavoritkan jadi juara ini justru takluk 2-4 (1-1) dalam drama adu penalti dari Kroasia di Education City Stadium, Doha, Sabtu (10/12) dini hari WIB.

Kegagalan ini juga menjadi akhir dari kisah Tite bersama Brasil. Pelatih berusia berusia 61 itu mengatakan siklusnya telah selesai.

“Di sana ada profesional hebat lain yang bisa menggantikan saya. Sekarang siklus saya sudah lengkap. Siklusnya sudah selesai,” ujar Tite setelah pertandingan kontra Kroasia.

Keputusan ini membuat Tite mengakhiri kariernya sebagai juru racik formasi Brasil sejak 2016. Dalam kurun waktu enam tahun, Tite berhasil mempersembahkan satu gelar Copa America tahun 2019.

Di ajang Piala Dunia, torehan Tite jauh dari mengesankan. Tim asuhannya selalu mentok di babak delapan besar baik itu Piala Dunia 2018 dan 2022.

Kegagalan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 terasa menyakitkan buat Neymar dan kawan-kawan karena mereka sebenarnya mampu unggul lebih dulu.

Brasil unggul lebih dulu berkat gol Neymar pada masa injury time babak pertama perpanjangan waktu. Namun Kroasia bisa menyamakan kedudukan berkat gol Bruno Petkovic pada menit ke-117.

Dalam drama adu penalti, Brasil harus mengakui keperkasaan Kroasia setelah dua penendang penalti yaitu Rodrygo dan Marquinhos gagal menjalankan tugasnya.

[Gambas:Video CNN]

(jal/nva)









Sumber: www.cnnindonesia.com