Timnas Indonesia Bisa Main di GBK Saat Piala AFF 2022

Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo menyebut Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) bisa digunakan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.
Jakarta, CNN Indonesia

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo menyebut Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) bisa digunakan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Hal tersebut disampaikan Rakhmadi dalam jumpa pers di GBK pada Selasa (8/11). Ia pun telah menyampaikan hal tersebut ke PSSI. Rencananya PSSI akan bertemu dengan PPKGBK membahas hal tersebut dalam waktu dekat.

“InsyaAllah [GBK bisa digunakan untuk Piala AFF 2023]. Barusan kami kontak dengan PSSI, Sekjen Yunus Nusi dan PSSI menyambut dengan baik. Nanti mereka akan ke sini,” kata Rakhmadi.

“AFF juga nanti akan mengecek langsung ke sini karena mereka memiliki standar mirip-mirip dengan FIFA. Jadi nanti kalau fix, kita bisa laksanakan pertandingan kandang Piala AFF di sini,” ucapnya menambahkan.

Mengenai aturan stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023 tak boleh digunakan selama enam bulan sebelum pelaksanaan, akan dikomunikasikan. Dalam hal ini PPKGBK akan bertemu dengan Kemenpora.

Menurut Rakhmadi tak ada aturan baku yang menyatakan bahwa GBK tak boleh digunakan sebelum Piala Dunia U-20 2023. Yang ada adalah perbaikan harus dilakukan sesuai keinginan FIFA sebelum kejuaraan.

“Kami jawab dari tata kelola kenegaraan, jika direnovasi oleh PUPR ada birokrasi yang harus dilalui, berita acara, kepastian, anggaran, hasil proyek renovasi tersebut. Makanya saya mendukung stadion lain harus terbaik/optimal,” kata Rakhmadi.

“Mungkin enam bulan pasca renovasi tersebut memang waktu yang diperlukan. Tapi kami di GBK sudah curi start duluan, Piala Dunia U-20 ini kan seharusnya 2021. Jadi kami sudah mencanangkan jauh-jauh hari untuk merapikan rumputnya, untuk drainase, kualitas rumputnya kami tingkatkan.”

Rakhmadi mengatakan GBK telah memenuhi standar FIFA. Hanya beberapa hal minor yang perlu diperbaiki. Ia mengonfirmasi bahwa proses perbaikan stadion, termasuk peremajaan rumput lapangan, sudah mencapai 98 persen.


Adapun Piala AFF 2022 akan berlangsung mulai 20 Desember. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei atau Timor Leste. Tim Garuda akan memulai laga dengan lawan Kamboja pada 23 Desember.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)






Sumber: www.cnnindonesia.com