Syarat Super Berat Quartararo Jadi Juara Dunia di MotoGP Valencia 2022

Kendati tertinggal jauh dari Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo masih bisa menjadi juara dunia di MotoGP Valencia 2022.
Jakarta, CNN Indonesia

Kendati tertinggal jauh dari Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo masih bisa menjadi juara dunia di MotoGP Valencia 2022.

Saat ini Bagnaia memimpin klasemen dengan 258 poin, unggul 23 poin dari Quartararo yang berada di peringkat kedua.

Dengan demikian Bagnaia memiliki peluang besar menjadi juara dunia musim ini. Bahkan tanpa harus finis pertama di MotoGP Valencia mendatang, Bagnaia sudah bisa memastikan gelar juara dunia yang pertama.

Di sisi lain masih ada celah kecil bagi Quartararo menjadi juara dunia. Peluang tipis tersebut harus dibarengi dengan usaha maksimal sang pembalap Prancis sekaligus berharap Bagnaia tampil buruk.

Syarat berat yang harus dilakukan Quartararo adalah menjadi juara di MotoGP Valencia sembari berharap Bagnaia finis di peringkat ke-15 atau lebih buruk dari itu. Itulah satu-satunya cara Quartararo memimpin klasemen pembalap di akhir musim.

Jika skenario tersebut terjadi, maka Quartararo akan mengumpulkan 260 poin dan Bagnaia mengoleksi 259 poin atau tetap 258 poin.

Seandainya Quartararo bisa menjadi pemenang di MotoGP Valencia, namun Bagnaia finis di peringkat lebih baik dari posisi 15 maka pupus harapan El Diablo mempertahankan gelar.

Bahkan jika Quartararo juara dan Bagnaia finis di urutan ke-14, maka gelar juara tetap akan jatuh ke tangan pembalap Ducati. Hal itu terjadi karena poin keduanya setara, namun Bagnaia lebih sering menjadi juara seri pada musim ini.


Sementara jika Bagnaia hanya finis ke-15 atau lebih buruk dari itu dan Quartararo gagal menjadi juara, maka sang pembalap Italia tetap mampu menjadi kampiun balap motor kelas premium.

Live streaming MotoGP Valencia 2022 bisa disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan dapat ditonton di Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)





Sumber: www.cnnindonesia.com