Siapa Canelo Alvarez yang Ingin Hajar Messi?

Nama Saul Canelo Alvarez mencuat setelah menyatakan kekecewaannya pada aksi Lionel Messi di Piala Dunia 2022. Berikut profil Canelo.
Jakarta, CNN Indonesia

Nama Saul Canelo Alvarez mencuat setelah menyatakan kekecewaannya pada aksi Lionel Messi di Piala Dunia 2022. Berikut profil Canelo.

Canelo adalah petinju asal Meksiko. Canelo menilai Messi tidak menghargai kostum Meksiko yang terletak di ruang ganti Argentina saat para pemain Albiceleste merayakan kemenangan.

Bagi Canelo, kostum dengan bendera Meksiko itu layak mendapat penghormatan dan tidak bisa diperlakukan sembarangan. Canelo bahkan mengeluarkan nada ancaman pada Messi.

“Dia seharusnya berdoa kepada Tuhan bahwa saya tidak bertemu dengannya.”

“Sama seperti saya menghormati Argentina, Anda harus menghormati Meksiko!! Saya tidak berbicara tentang negara [Argentina], saya berbicara tentang Messi karena pelecehan yang dibuatnya,” kata Canelo lewat media sosial miliknya.

Lalu siapakah Canelo?

Di kalangan pecinta tinju, nama Canelo bukanlah nama asing. Canelo adalah salah satu petinju terbaik yang ada dalam sejarah dunia tinju.

Canelo saat ini memegang sabuk kelas menengah super versi IBF, WBA, WBC, dan WBO. Dalam duel terakhir melawan Gennady Golovkin, Canelo mampu menang angka mutlak.

Dalam perjalanan kariernya, Canelo aktif berkiprah di beberapa kelas. Canelo juga sempat jadi juara dunia di kelas menengah dan juga light middleweight.

Canelo bahkan juga sempat memenangkan sabuk juara dunia di kelas light heavyweight. Hal itu dilakukan Canelo ketika menang KO atas Sergey Kovalev pada 2019 lalu.


Saul Canelo Alvarez murka terhadap perilaku Lionel Messi yang dianggapnya tidak menghargai Meksiko.  (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Sepanjang kariernya, Canelo yang saat ini berusia 32 tahun sudah 62 kali bertarung dengan catatan 58 kemenangan, dua kekalahan, dan dua hasil imbang. Dari 58 kemenangan tersebut, Canelo membukukan 39 kemenangan lewat KO/TKO.

Hanya ada dua petinju yang pernah mengalahkan Canelo yaitu Floyd Mayweather Jr. dan Dmitry Bivol. Kedua kekalahan itu didapat Canelo lewat keputusan juri.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/nva)









Sumber: www.cnnindonesia.com