Qatar Tuan Rumah Piala Asia, Rapor Indonesia Jeblok di Timur Tengah

Timnas Indonesia memiliki rapor jeblok di Piala Asia yang digelar di Timur Tengah setelah Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang.
Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia memiliki rapor jeblok di Piala Asia yang digelar di Timur Tengah setelah Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang.

Qatar dinyatakan sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 usai mengalahkan Korea Selatan dan Indonesia. Pengumuman Qatar jadi tuan rumah Piala Asia 2023 pada Senin (17/10).

Terpilihnya Qatar jadi tuan rumah layak jadi sorotan bagi Timnas Indonesia. Pasalnya Tim Merah Putih tidak memiliki rapor apik saat tampil di Piala Asia yang digelar di negara Timur Tengah.

Indonesia tercatat empat kali lolos ke putaran final Piala Asia, dua di antaranya tampil di negara Timur Tengah di uni Emirat Arab dan Libanon.

Pada Piala Asia 1996 yang digelar di Uni Emirat Arab, Indonesia terempas ke posisi dasar klasemen Grup A usai sekali imbang dan dua kali kalah.

Ketika itu Indonesia hanya bisa menahan imbang Kuwait dan kemudian dibenamkan tuan rumah UEA dan Korea Selatan.


Empat tahun berselang di Libanon, nasib serupa menghampiri Skuad Garuda. Usai mengimbangi Kuwait 0-0, Indonesia dibekap China 0-4 dan Korea Selatan 0-3 di Grup B. Lagi-lagi Indonesia di dasar klasemen dengan satu poin.

Catatan Indonesia di negara Timur Tengah berbeda dengan ketika tampil di negara Asia Timur atau Asia Tenggara.

Di Piala Asia 2004 di China, Indonesia mengoleksi satu kemenangan di Grup A setelah mengalahkan Qatar 2-1.

Dua pertandingan berikutnya Indonesia dibantai China 0-5 dan kalah 1-3 dari Bahrain. Kemenangan atas Qatar menempatkan Indonesia di peringkat ketiga klasemen Grup A.

Saat jadi salah satu tuan rumah Piala Asia 2007, Indonesia juga berhasil mengemas satu kemenangan usai mengempaskan Bahrain 2-1.

Sayang Indonesia gagal mengulang hasil serupa pada dua pertandingan berikutnya setelah dibekap Arab Saudi 1-2 dan kalah dari Korea Selatan 0-1.

Kini di Piala Asia 2023 di Qatar, Indonesia menempati pot 4 dalam drawing. Dalam undian nanti Indonesia berpotensi satu grup dengan tim-tim kuat macam Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, hingga Arab Saudi yang menghuni pot 1.

Di pot 2 ada Irak, UEA, Oman, China, Suriah, serta Vietnam. Sedangkan di pot 3 ada Libanon, Uzbekistan, Yordania, Bahrain, Palestina, dan Kirgistan.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com