Indeks

PSSI Sebut Iwan Bule Sudah Tanggung Jawab di Tragedi Kanjuruhan

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule disebut telah bertanggung jawab terkait Tragedi Kanjuruhan.

Surabaya, CNN Indonesia

Juru Bicara PSSI Ahmad Riyadh mengatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule telah bertanggung jawab secara hukum dalam Tragedi Kanjuruhan.

Hal itu sudah dipenuhi Iwan Bule dengan memenuhi panggilan penyidik di Ditreskrimum Polda Jawa Timur, Kamis (20/10).

Iwan Bule diperiksa selama lima jam oleh penyidik gabungan Bareskrim Polri dan Polda Jatim. Ia dicecar sebanyak 45 pertanyaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kami tetap harus tanggung jawab, tanggung jawab itu pasti. Ada yang sudah dilakukan lewat pemeriksaan hari ini,” kata Riyadh yang juga Komite Eksekutif PSSI, usai mendampingi Iwan Bule di Mapolda Jatim.

Riyadh menyebutkan tanggung jawab hukum yang harus dijalani Iwan Bule hanya cukup dengan memenuhi panggilan penyidik sebagai saksi.

“Tanggung jawabnya sesuai ini [pemeriksaan], kalau sekarang yang dihadapi masalah hukum agar dipilah siapa yang tanggung jawab,” ujar dia.

Menurut Ketua Asprov PSSI Jatim ini tanggung jawab terpenting PSSI ini adalah mengevaluasi dan membuat agar organisasi ini menjadi lebih baik ke depannya.

“Kalau PSSI tanggung jawab secara utuh ya harus menjadi lebih baik dari kemarin-kemarin,” katanya.

Salah satunya yakni dengan membentuk satuan tugas untuk menggodok peraturan pertandingan bersama FIFA, pemerintah dan kepolisian. Salah satunya adalah soal sektor keamanan.

“Ada kegiatan-kegiatan PSSI untuk menambah baik. Task force sudah jalan. Mulai keamanan semua.Nanti ada peraturan polisi yang digodok, yang seimbang, yang cocok dilaksanakan di FIFA, PSSI dan pemerintah dalam hal ini kepolisian. Sinkron jadi berlaku di Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Ketua PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berpotensi menjadi tersangka di kasus Tragedi Kanjuruhan.

Tragedi tersebut terjadi usai pertandingan Laga 1 Arema FC vs Persebaya pada 1 Oktober lalu. Sebanyak 133 orang meninggal dunia dan lebih dari 400 orang luka luka.

“Tanggung jawab hukum, itu hukum pidananya sudah mulai disidik, dan itu bisa saja kena ketua PSSI nanti tanggung jawab hukumnya. Bisa saja nanti kena Ketua PSSI,” kata Mahfud dalam paparan hasil riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

[Gambas:Video CNN]

(frd/jal)







Sumber: www.cnnindonesia.com

Exit mobile version