Profil Illan Meslier, Calon Pengganti De Gea yang Bikin Keok Liverpool

Kiper Illan Meslier jadi salah satu bintang Leeds United yang membuat Liverpool malu di Anfield usai kalah 1-2 di Liga Inggris, Minggu (30/10) dini hari WIB.

Jakarta, CNN Indonesia

Kiper Illan Meslier jadi salah satu bintang Leeds United yang membuat Liverpool malu di Anfield usai kalah 1-2 di Liga Inggris, Minggu (30/10) dini hari WIB.

Meslier memulai karier di klub Prancis FC Lorient. Setelah beberapa musim di tim junior Lorient, Meslier masuk skuad utama pada Februari 2018, sekaligus menandatangani kontrak profesional.

Pada musim 2018/2019 Lorient menolak tawaran 10 juta euro atau setara dengan Rp155 miliar untuk Meslier dari AS Monaco. Selain Monaco, Chelsea juga disebut ikut memantau bakat kiper kelahiran Lorient tersebut.

Satu musim berselang Meslier dipinjamkan ke Leeds United yang pada musim 2019/2020 masih bermain di Divisi Championship, dengan opsi permanen.

Di Leeds, Meslier bukan kiper utama, melainkan kiper cadangan yang bersaing dengan Kiko Casilla dan Kamil Miazek.

Meslier sendiri saat itu banyak bermain di Leeds U-23. Meski di tim cadangan Leeds, Meslier tercatat sebagai kiper yang jago menahan tendangan penalti.

Pada Januari 2020 pelatih Marcelo Bielsa membuat Meslier debut dengan tim utama Leeds saat dimainkan di Piala FA melawan Arsenal.

Meski kalah 0-1, Meslier tampil gemilang dengan beberapa penyelamatan. Meslier kemudian debut di Liga Inggris pada Februari 2020.

Illan Meslier jadi pilihan utama Leeds saat promosi ke Premier League pada musim 2020/2021. Di musim tersebut Meslier tercatat sebagai kiper di bawah 21 tahun yang mencatatkan 11 clean sheet dalam satu musim Liga Inggris.

Kehebatan Meslier menahan gempuran Liverpool pada pekan ke-14 yang membawa Leeds menang 2-1 di Anfield membuat namanya makin melambung di mata klub-klub yang tengah membutuhkan kiper hebat.

Meslier yang tampil gemilang bersama The Whites menarik minat sejumlah klub-klub top Premier League. Manchester United jadi salah satu klub yang dikaitkan dengan Meslier sebagai pengganti David de Gea menurut laporan Teamtalk.

Selain Man United, Tottenham Hotspur juga mengamati situasi kiper 22 tahun itu untuk menjadikan penerus Hugo Lloris.

Situs Whoscored mencatat Meslier membuat sembilan penyelamatan saat melawan Liverpool. Sembilan penyelamatan itu berasal dari 10 tembakan on target pemain Liverpool dalam laga tersebut.

Meslier tidak saja membuat frustrasi Darwin Nunez dan Roberto Firmino, peluang Andrew Robertson juga dimentahkan kiper timnas Prancis tersebut.

Tiga tembakan yang dilepaskan Firmino dan Mohamed Salah ‘dijinakkan’ Meslier, sementara Nunez dua tembakan. Satu peluang lain yang digagalkan Meslier adalah usaha Jordan Henderson.

Dengan kegemilangan Meslier, Leeds menang untuk kali pertama usai empat kekalahan beruntun, sedangkan Liverpool kalah kedua kalinya secara beruntun setelah sebelumnya tumbang dari Nottingham Forest.

[Gambas:Video CNN]

(sry)





Sumber: www.cnnindonesia.com