Prancis Cuma Bawa 1 Bek Kanan di Piala Dunia 2022

Timnas Prancis hanya diperkuat satu pemain yang menempati posisi bek kanan di Piala Dunia 2022.
Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Prancis hanya diperkuat satu pemain yang menempati posisi bek kanan di Piala Dunia 2022.

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps telah memilih 25 pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2022. Di luar absennya Paul Pogba dan N’Golo Kante karena cedera, praktis tidak ada kejutan yang dibuat Deschamps dalam pemilihan skuad.

Pemain macam Karim Benzema, Kylian Mbappe, hingga Hugo Lloris masuk dalam tim. Begitu pula dua pemain muda Eduardo Camavinga, Aurelien Tchouameni (Real Madrid), dan pemain yang tengah bersinar di Arsenal, William Saliba.

Sederet pemain belakang tangguh termasuk Raphael Varane juga dipilih. Namun yang menarik Deschamps hanya membawa satu pemain yang berposisi sebagai bek kanan yakni Benjamin Pavard.

Hal ini berbeda dengan posisi bek kiri. Deschamps membawa dua bersaudara, Lucas dan Theo Hernandez ke Qatar.

Langkah yang diambil Deschamps membawa hanya satu bek kanan sekilas berisiko. Akan tetapi keputusan ini bisa jadi akan mudah dipahami jika menengok pemain-pemain belakang yang dipilih, pendekatan taktik, dan filosofi sepak bola Deschamps.

Selain Pavard, timnas Prancis punya Jules Kounde yang juga memiliki kemampuan bermain di posisi bek kanan. Posisi ini sempat dilakoni Kounde ketika baru bergabung dengan Barcelona.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memilih untuk menempatkan Kounde di posisi tersebut karena ada duet Ronald Araujo dan Eric Garcia di jantung pertahanan. Berdasarkan data Transfermarkt, Kounde empat kali diplot sebagai bek kanan pada musim pertamanya di tim Catalan.

Kounde jelas kuat dalam bertahan karena naluri aslinya sebagai bek tengah. Umpan-umpannya juga terbilang baik meski dari segi kemampuan menyerang tentu tak istimewa.

Dari segi karakter, Kounde mirip dengan Pavard karena sejatinya pemain Bayern Munchen itu lebih bertipe defensive full back.


Bek sayap yang kuat dalam bertahan dibutuhkan Deschamps yang lekat dengan filosofi sepak bola pragmatis. Bahkan dari bek sayap yang dibawa ke Piala Dunia 2022 hanya Theo Hernandez satu-satunya yang masuk kategori bek sayap ofensif.

Selain formasi 4-3-3, Deschamps belakangan mencoba formasi 3-4-1-2. Dengan formasi tiga bek sejajar, Deschamps punya pilihan Kingsley Coman selain Pavard yang diplot sebagai wing back kanan.

Oleh karena itu timnas Prancis sebenarnya tidak kekurangan pilihan untuk menempatkan pemain di posisi bek kanan andai Pavard mengalami cedera di Piala Dunia 2022.

Daftar 25 Pemain Prancis di Piala Dunia 2022

Kiper

Alphonse Areola (West Ham), Hugo Lloris (Tottenham), Steve Mandanda (Rennes)

Bek

Lucas Hernandez (Bayern Munchen), Theo Hernandez (AC Milan), Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain), Ibrahima Konate (Liverpool), Jules Kounde (Barcelona), Benjamin Pavard (Bayern Munich), William Saliba (Arsenal), Dayot Upamencano (Bayern Munchen), Raphael Varane (Manchester United)

Gelandang

Eduardo Camavinga (Real Madrid), Youssouf Fofana (Monaco), Matteo Guendouzi (Marseille), Adrien Rabiot (Juventus), Aurelien Tchouameni (Real Madrid), Jordan Veretout (Marseille)

Penyerang

Karim Benzema (Real Madrid), Kinglsey Coman (Bayern Munchen), Ousmane Dembele (Barcelona), Olivier Giroud (AC Milan), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Christopher Nkunku (RB Leipzig)

[Gambas:Video CNBC]

(jal/nva)






Sumber: www.cnnindonesia.com