Perbasi Ingin Jokowi Hadiri Seremoni Tutup Atap Indonesia Arena

Perbasi berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersedia menghadiri dan melakukan seremoni pembangunan tutup Indonesia Arena di Senayan, Jakarta.
Jakarta, CNN Indonesia

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersedia menghadiri dan melakukan seremoni pembangunan tutup Indonesia Arena di Senayan, Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Nirmala Dewi saat perayaan 71 tahun Perbasi di SMPN 74 Rawamangun,, Jakarta Timur, Selasa (8/11). Seremoni akan dilangsungkan pada awal Desember 2022.

“Stadion [Indonesia Arena] akhir tahun semoga bisa tutup atap dan sedang kami propose tutup atap dilakukan seremoni oleh pemerintah, apakah oleh bapak presiden [Jokowi], atau para menteri,” kata Nirmala.

Sejatinya nama Indonesia Arena belum resmi. Namun sejauh ini nama tersebut yang digunakan untuk hall basket yang kini sedang dibangun. Perbasi menyebut sejauh ini belum ada usulan soal nama baru.

Indonesia Arena diprediksi rampung pada Maret 2023. Setelah pembangunan selesai akan ada penataan interior yang diyakini akan selesai pada Juni atau Juli. Sebelum Agustus 2023 basket hall ini harus sudah selesai.

Mengenai tahapan ini, FIBA dijadwalkan kembali ke Indonesia pada Januari 2023. Nantinya Indonesia Arena akan digunakan untuk pelaksanaan FIBA World Cup 2023. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Begitu bangunan selesai, akan dilangsungkan sebuah pertandingan uji coba. Perbasi telah mengajukan rencana tersebut ke FIBA dengan agendanya adalah melawan tim-tim yang akan bertanding di piala dunia basket tersebut.

“Kami lagi propose juga dengan FIBA nanti pada saat kompetisi FIBA World Cup ada friendly match. Antara Timnas kita dengan peserta yang akan bertanding di FIBA World Cup. Kami sudah propose kepada FIBA,” kata Nirmala.

Adapun Timnas Basket Indonesia akan memulai pemusatan latihan menatap SEA Games mulai Januari 2023. Setelah pemusatan latihan di dalam negeri, pemain akan dibawa ke Amerika Serikat untuk mematangkan permainan.


Sementara itu Perbasi merayakan hari jadi yang ke-71 dengan pembangunan lapangan basket di SMPN 74. Sekolah menengah ini dipilih karena di sinilah salah satu pemain Timnas Indonesia, Derrick Michael Xzavierro menimba ilmu.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)






Sumber: www.cnnindonesia.com