Mengapa STY Pilih Cho Byung Kuk Jadi Asisten di Timnas Indonesia?

Chon Byung Kuk telah ditunjuk sebagai asisten pelatih baru Shin Tae Yong di Timnas Indonesia menggantikan Dzenan Radoncic.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia memiliki satu asisten pelatih baru lagi untuk menggantikan Dzenan Radoncic yang mundur, tetapi kali ini yang dikontrak adalah seorang mantan bek tengah.

Pelatih yang dimaksud adalah Cho Byung Kuk. Pria 41 tahun tersebut merupakan seorang bek tengah. Sebagai pemain, pencapaian tertinggi Cho adalah menorehkan 11 caps bersama Korea Selatan dengan satu gol.

Saat ini Cho sudah bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 di Turki. Garuda Muda sedang dalam pemusatan latihan (TC) untuk persiapan tampil di Piala Asia U-20 2023. Setelah dari Turki, Indonesia U-20 akan ke Spanyol.

Diketahui Radoncic adalah seorang striker. Pria asal Serbia tersebut dikontrak PSSI karena permintaan Shin. Alasannya Shin butuh sosok asisten yang bisa membantu mengasah ketajaman lini depan.

Diketahui Indonesia kepayahan mencari sosok striker. Sejak menangani Timnas Indonesia pada 2020, Shin mengaku belum menemukan sosok striker yang tajam dan sesuai dengan karakter pemain yang diinginkan.

Belasan striker telah dipanggil Shin ke Timnas. Dari sekalian banyak pemain lini depan itu, baru Dimas Drajad yang mulai memenuhi ekspektasi Shin. Pemain Persikabo 1973 itu total sudah menyumbang tiga gol di era Shin.

Namun, mengapa kini Shin memanggil sosok bek tengah sebagai asisten? Padahal saat ini Shin punya asisten yang juga berlatar belakang seorang bek, yakni Nova Arianto. Selama ini Nova banyak membantu bek-bek Timnas.

Isu beredar, Shin sengaja mencari asisten seorang bek karena Nova akan ‘naik kelas’. Ya, Nova rencananya akan ditugaskan menjadi pelatih Timnas Indonesia U-23 yang tampil di SEA Games 2023 Kamboja.

Shin disebut-sebut tak bisa mendampingi Indonesia U-23 di SEA Games karena jadwalnya mepet dengan Piala Asia U-20 2023. Jika mendampingi tim di SEA Games, persiapan menuju Piala Asia U-20 akan terbengkalai.

Mengenai isu ini, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri tak membantah. Namun nama Nova belum ditetapkan secara resmi. Kepastian siapa yang akan ditetapkan sebagai pelatih Indonesia U-23 disebut jadi hak prerogatif Shin.

“Ada beberapa nama. Nanti segera dipastikan lagi. Kami akan diskusikan dengan Shin. Nanti akan diumumkan kalau sudah resmi,” kata Indra soal masuknya nama Nova sebagai calon pelatih Timnas Indonesia U-23.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com