Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Shayne Pattynama

Komisi X DPR menyetujui naturalisasi Shayne Pattynama yang diproyeksi menjadi calon pemain Timnas Indonesia.
Jakarta, CNN Indonesia

Komisi X DPR menyetujui naturalisasi Shayne Pattynama yang diproyeksi menjadi calon pemain Timnas Indonesia dalam Raker yang berlangsung di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/11).

Keputusan itu diambil Komisi X setelah melakukan Rapat Kerja bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali.

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elijan Jay Pattynama dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian yang menjadi pimpinan rapat.

Shayne merupakan salah satu calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang dipersiapkan PSSI untuk tampil di Piala AFF 2022. Pemain kelahiran Belanda berdarah Maluku itu merupakan rekomendasi dari Shin Tae Yong, bersama Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Shayne yang hadir dalam rapat secara online mengaku tidak sabar untuk segera memperkuat Timnas Indonesia.

“Terima kasih banyak, saya sangat antusias dengan masa depan sepak bola Indonesia. Saya adalah pemimpin besar, saya ingin berkontribusi untuk Timnas indonesia,” ucap Shayne.


Sementara itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mengatakan pihaknya mendorong naturalisasi Shayne berdasarkan permintaan dari Shin Tae Yong.

“Perlu kami laporkan, keinginan naturalisasi bukan dari PSSI, tapi dari STY. Kami hanya mengakomodasi pemain naturalisasi yang diminta oleh pelatih Timnas. Ada dua pemain yang sudah ketuk palu [Walsh dan Amat, mereka sedang menunggu tanda tangan dan pengambilan sumpah,” ujar Iwan Bule.

“Kita sudah pelajari betul kelebihan pemain yang ingin dinaturalisasi. Shayne Pattynama ayahnya dari Maluku Tengah dan lahir di Semarang. Posisi utamanya main di bek kiri, bisa juga di gelandang dan sayap kiri, kaki utamanya kiri,” ucap Iwan Bule.

[Gambas:Video CNN]

(ikh/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com