Jadwal Tahapan KLB PSSI 16 Februari 2023

Persis Solo merespons cuitan Direktur Utama Persis, Kaesang Pangarep, yang meminta PSSI memberitahu caranya menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Jakarta, CNN Indonesia

PSSI telah memastikan Kongres Luar Biasa (KLB) akan digelar pada 16 Februari 2023. Berikut jadwal lengkap tahapan menuju KLB PSSI 2023.

PSSI telah mengumumkan bahwa Kongres Biasa (KB) dan KLB akan dipercepat. Keputusan ini diambil setelah FIFA membalas surat PSSI terkait pemberitahuan kongres setelah diminta oleh mayoritas Komite Eksekutif (Exco) pasca Tragedi Kanjuruhan.

Dalam surat FIFA tersebut dianjurkan agar PSSI menggelar KB pada 7 Januari 2023. Jadwal ini dipercepat dari agenda semula yang akan digelar pada 14 Januari. Agenda KLB pun dipercepat dari 18 Maret ke 16 Februari.

Setelah melakukan rapat Exco pada Kamis (10/11) malam, PSSI menyatakan siap memenuhi arahan tersebut. Dengan demikian PSSI akan kembali mengirim surat pemberitahuan ke pemilik suara (voters) akan perubahan tersebut.

Hal ini wajib dilakukan karena sebelumnya PSSI telah melayangkan surat pemberitahuan agenda KB dan KLB. PSSI pun lantas membuat draf tahapan KB dan KLB yang telah disesuaikan, sebagaimana disampaikan ke voters.

Dalam dokumen tahapan KLB PSSI 2023 yang diterima CNNIndonesia.com, batas waktu usulan agenda KB yakni pada 30 November 2022. Dalam artian voters PSSI berhak mengajukan agenda KB sebelum tanggal tersebut, seperti revisi statuta sebagaimana direkomendasikan pemerintah.

Setelah KB yang berlangsung pada 14 Januari, yang artinya sudah terpilih Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan, tahapan menuju kongres langsung dimulai dengan durasi yang singkat, yakni hanya sekitar satu bulan.

Mereka yang berminat menjadi Ketua Umum PSSI dan juga anggota Exco bisa mengajukan diri. Tentu saja para calon harus memenuhi syarat, seperti batasan usia, durasi keaktifan di sepak bola nasional, hingga direkomendasikan voters.

[Gambas:Video CNN]

Proses penjaringan ini akan diakhiri dengan pengumuman calon Ketua Umum dan anggota Exco pada 6 Februari. Dengan kata lain masa kampanye menuju KLB hanya ada 10 hari, yakni hingga waktu KLB pada 16 Februari.

Mengenai draf jadwal tahapan agenda KB dan KLB PSSI tahun 2023 ini Sekretaris Jenderal (Sekjen) Yunus Nusi belum memberikan jawaban. Adapun anggota Exco Hasani Abdulgani meminta mengonfirmasi hal ini ke Yunus.

“Coba cross check [dipastikan] ke Sekjen [Yunus Nusi]. Bahan yang dibahas [dalam rapat Exco PSSI] tidak baik untuk dikonsumsi keluar. Itu etika organisasi,” kata Hasani kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (11/11).

Jadwal Tahapan KB dan KLB PSSI tahun 2023

November 2022

14: Pemberitahuan perubahan jadwal KB dan KLB

16: Penyampaian tahapan menuju KLB

30: Batas waktu usulan agenda KB

Januari 2023

7: Batas waktu penyampaian agenda KB

14: KB PSSI tahun 2023

16: Batas waktu penyampaian berkas waktu pendaftaran kandidat Exco PSSI dan tempat serta waktu KLB

19: Penyampaian kandidat yang gagal pemenuhan dokumen

21: Batas waktu perbaikan dokumen yang gagal

31: Pengumuman calon sementara Exco PSSI

Februari 2023

3: Batas waktu permohonan dan berkas banding

6: Pengumuman calon tetap Exco PSSI

16: KLB Pemilihan PSSI tahun 2023

(har)






Sumber: www.cnnindonesia.com