Islam Makhachev Punya Jalan Lebih Mulus Dibanding Khabib

Khabib Nurmagomedov memperlihatkan sikap mulia karena sempat menolak sabuk juara kelas ringan UFC milik Islam Makhachev.
Jakarta, CNN Indonesia

Islam Makhachev punya jalan yang lebih mulus dibandingkan Khabib Nurmagomedov dalam kariernya di UFC. Dan hal itu dipengaruhi oleh kehadiran Khabib.

Sejak Khabib pensiun, ia langsung fokus jadi pelatih bagi sejumlah rekannya, termasuk Islam Makhachev. Hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun, Makhachev bisa mendapat duel perebutan gelar melawan Charles Oliveira.

Situasi Makhachev terbilang unik lantaran sebelum duel lawan Oliveira ia tak pernah berjumpa petarung papan atas lainnya di posisi lima besar. Makhachev benar-benar seolah mendapat akses istimewa untuk langsung duel dengan Charles Oliveira dalam perebutan sabuk yang lowong.

Kehadiran Khabib yang terus koar-koar bahwa Makhachev layak mendapatkan duel perebutan gelar turut mempengaruhi munculnya kesempatan untuk mendapat duel tersebut lebih cepat.

Kini setelah jadi juara kelas ringan UFC, Khabib kembali melakukan manuver untuk Makhachev. Khabib menantang Alexander Volkanovski, juara kelas bulu yang saat ini menduduki posisi pertama dalam daftar ranking pound for pound untuk jadi lawan berikutnya bagi Islam Makhachev.

Volkanovski setuju untuk duel tersebut dan kemungkinan besar laga bakal digelar di Australia pada Februari.

Andai menang lawan Volkanovski, tentu bakal ada tuntutan dan dorongan dari tim Khabib dan Makhachev untuk meningkatkan posisi Makhachev menjadi nomor satu dalam daftar ranking pound for pound.

Bila hal itu terwujud, Islam Makhachev akan jadi petarung peringkat pertama dalam ranking pound for pound dalam waktu singkat, hanya empat bulan sejak jadi juara UFC.

Khabib sendiri butuh waktu lama untuk merebut sabuk juara UFC dan menempati posisi pertama pound for pound. Setelah bertahun-tahun menyatakan bahwa dirinya layak mendapat duel perebutan gelar, Khabib baru bisa merebut sabuk kelas ringan UFC pada 2018.


Sementara itu status petarung peringkat pertama dalam ranking pound for pound baru didapatkan Khabib usai memenangkan laga terakhir lawan Justin Gaethje.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/sry)





Sumber: www.cnnindonesia.com