Inggris vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022: Sikat Habis Kawan

Analisis jelang pertandingan Inggris vs Amerika Serikat pada laga kedua Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Sabtu (26/11) dini hari WIB.

Jakarta, CNN Indonesia

Inggris akan bertemu Amerika Serikat pada laga kedua Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Sabtu (26/11) dini hari WIB. Duel lawan rasa kawan begitu terasa dalam pertandingan ini.

AS dan Inggris dikenal sebagai sahabat karib dalam satu abad terakhir. Kedua negara saling mengisi dalam aspek politik, ekonomi, budaya, hingga olahraga.

Mengerucut ke sepak bola, Inggris dan Amerika Serikat juga berupaya saling menguntungkan satu sama lain.

Ini terlihat dari kepemilikan beberapa klub besar Inggris seperti Manchester United, Chelsea, hingga Liverpool yang dikuasai pengusaha AS. Di saat yang sama, legenda sepak bola Inggris David Beckham juga berbisnis di Major League Soccer (MLS) bersama Inter Miami.

Inggris dan AS pun satu suara saat menggelorakan dukungan terhadap kampanye LGBT di Piala Dunia 2022. Keduanya sama-sama secara terbuka ingin membawa pesan ‘keberagaman’ melalui penggunaan atribut bernuansa pelangi.

Meski belakangan penyelenggara Piala Dunia 2022 melarang pernak-pernik pelangi, bukan tak mungkin AS dan Inggris akan tetap mengusung misinya dengan cara lain. Pertandingan Inggris vs AS akan jadi panggung mereka untuk melakukannya.

Namun jika fokus terhadap sepak bola, Inggris vs AS adalah sajian menarik di Grup B. Menengok ke belakang, duo ‘bestie’ itu sudah bersua delapan kali dalam pertandingan resmi.

Dalam pertemuan pertama di Piala Dunia 1950, AS sukses menang 1-0. Namun setelah itu, Negeri Paman Sam selalu dikalahkan Inggris pada empat laga dalam kurun waktu 43 tahun.

Baru pada 1993 AS bisa kembali menang lawan Inggris. Itu pun di turnamen persahabatan bertajuk US Cup. Setelah itu, AS tidak pernah menang lagi atas Inggris sampai saat ini.

Piala Dunia 2022 adalah ajang ketiga bagi AS dan Inggris bertemu di pesta sepak bola terbesar sejagad. Terakhir kali mereka bertemu di babak penyisihan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dengan skor akhir 1-1.

Saat ditakdirkan kembali bertemu di Piala Dunia 2022, otomatis ini akan menjadi kesempatan bagi AS untuk mengakhiri tren buruk lawan Inggris. Dengan beberapa nama pemain bintang, The Yanks punya peluang yang besar untuk menang.

Bersambung ke halaman berikutnya…



No Harry, No Worry di Inggris vs Amerika Serikat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com