Hasil Piala AFF 2022: Vietnam Ditahan Imbang Singapura

Jakarta, CNN Indonesia

Singapura bermain imbang dengan Vietnam pada laga fase grup Piala AFF 2022 di Stadion Jalan Besar, Jumat (30/12) malam.

Tim tamu menguasai pertandingan sejak menit pertama. Vietnam mengurung pertahanan Singapura yang hanya bisa memanfaatkan situasi serangan balik.

Vietnam memainkan bola dengan sabar. Anak asuh Park Hang Seo tidak terburu-buru merangsek ke kotak penalti. Bola diarahkan ke kanan atau kiri terlebih dahulu.

Meladeni skuad Golden Star yang main menyerang secara kolektif, Singapura menampilkan pertahanan yang solid dan kukuh.

Vietnam menguasai bola hingga lebih dari 70 persen pada babak pertama, namun tidak ada peluang besar yang bisa tercipta. Singapura yang hanya mengandalkan serangan balik juga tak memiliki kans mematikan.

Setelah skor imbang tanpa gol pada babak pertama, Vietnam pun melakukan pergantian pemain guna menambah daya dobrak. Phan Van Duc dan Nguyen Quang Hai dimainkan menggantikan Chao Ngoc Quang dan Do Hung Dung.

Vietnam berupaya mengulang gaya main yang sama seperti pada babak pertama. Nguyen Van Quyet dan kawan-kawan mencoba menguasai bola dan memaksa Singapura bertahan.

Kiper Singapura Hassan Sunny harus berjibaku mengamankan gawang ketika Vietnam mendapat peluang pada menit ke-65.

Sunny pun tak kesulitan menangkap bola yang dilepaskan pemain Vietnam pada menit ke-72.

Kombinasi yang diciptakan Van Quyet dan kawan-kawan di area pertahanan Singapura masih mentah.

Serangan Vietnam terus menjadi pemandangan dominan di atas lapangan. Akan tetapi tidak ada gol bersarang di gawang Singapura, termasuk sepakan dari luar kotak penalti yang dilakukan Nguyen Quang Hai pada menit ke-84.

Bola yang ditendang Quang Hai membentur tiang dan memantul jauh ke luar kotak 16.

Hingga wasit Hiroki Kasahara meniup peluit panjang, tidak ada gol tercipta. Tambahan satu poin membuat Vietnam kini menempati peringkat teratas di Grup B dengan tujuh poin. Vietnam pun dipastikan lolos ke babak semifinal kendati masih memiliki sisa satu laga.

Vietnam hampir pasti lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Hanya kekalahan telak lebih Myanmar pada laga terakhir yang akan membuat Vietnam gagal lolos. 

Susunan Pemain Inti Singapura vs Vietnam

Singapura: Hassan Sunny; Shakir Hamzah, Irfan Fandi, Hariss Harun, Shakir Hamzah; Christopher Van Huizen, Anumanthan Kumar, Shahdan Sulaiman, Shah Shahiran; Faris Ramli, Ilhan Fandi.

Vietnam: Dang Van Lam; Pham Tuan Tai, Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Binh, Nguyen Phong Hong; Chau Ngoc Quang, Do Hung Dung, Nguyen Van Quyet, Nguyen Tuan Anh; Vu Van Thanh

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)









Sumber: www.cnnindonesia.com