Granit Xhaka, From Zero to Hero di Arsenal

Sempat jadi dimusuhi fans Arsenal, kini Granit Xhaka kembali dicintai. Media Inggris bahkan menyebutnya From Zero to Hero.
Jakarta, CNN Indonesia

Sempat jadi dimusuhi fans Arsenal, kini Granit Xhaka kembali dicintai. Media Inggris bahkan menyebutnya From Zero to Hero.

Dua tahun lalu, Xhaka sempat dimusuhi fans Arsenal karena ulahnya di lapangan. Ia pernah meletakkan tangan di kuping seolah menantang fan dan mengeluarkan kata-kata kasar.

Ia sempat dibekukan dan masuk daftar jual Arsenal. Ban kapten miliknya juga dicopot dan lebih banyak menghuni bangku cadangan.

Namun, gelandang asal Swiss itu kembali ke bentuk performa terbaiknya ketika Mikel Arteta datang. Musim ini, Xhaka bahkan tampil menonjol seiring dengan penampilan apik The Gunners.

Mantan kapten Arsenal yang kini menjadi pundit BT Sport, Martin Keown, memuji performa Xhaka yang mampu beradaptasi sesuai dengan tuntutan tim.

“Semula dia bermain sebagai gelandang box-to-box, tetapi sekarang tampaknya posisi terbaiknya adalah saat menjadi salah satu gelandang serang di depan,” kata Keown dikutip Daily Mail.

Xhaka menjadi pahlawan kemenangan Arsenal saat melawat ke markas PSV Eindhoven di Liga Europa. Ia sukses mencetak gol semata wayang Meriam London.

Kemampuannya membantu serangan dan pertahanan di Arsenal jadi sorotan. Performa impresif Xhaka membuatnya kini menjadi salah satu pemain kunci The Gunners musim ini.

“Kami menyaksikan malan ini dia tahu persis kapan harus maju dan sedikit berduel. Dia hanya menunggu kesempatan itu datang. Tapi, kualitas penyelesaian akhirnya juga luar biasa.”

[Gambas:Video CNN]

“Saya tahu ini kali pertama dia melepaskan tembakan kaki kanan, tapi tekniknya sangat bagus. Dia akan menikmati itu dalam jangka waktu lama. Dia pernah mengalami masa sulit di klub tetapi saat ini sudah melewatinya,” tutur Keown.

Kemenangan di markas PSV memastikan Arsenal lolos fase gugur dan memimpin klasemen sementara Grup A dengan 12 poin, unggul lima poin dari PSV yang berada di posisi kedua.


Meski begitu, Arsenal masih belum bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Europa karena masih bisa disusul PSV dalam dua pertandingan tersisa dengan syarat The Gunners kalah pada dua pertandingan terakhir.

Tim London Utara tersebut juga sedang on fire di Premier League. Skuad arahan Mikel Arteta kini menduduki puncak klasemen Liga Inggris dengan perolehan 27 poin atau unggul empat poin dari Manchester City di posisi kedua.

[Gambas:Video CNN]

(jun/rhr)

[Gambas:Video CNN]





Sumber: www.cnnindonesia.com