Apakah Makhachev Lebih Hebat daripada Khabib?

Khabib Nurmagomedov memperlihatkan sikap mulia karena sempat menolak sabuk juara kelas ringan UFC milik Islam Makhachev.

Jakarta, CNN Indonesia

Keberhasilan Islam Makhachev merebut gelar juara divisi kelas ringan UFC membuatnya mulai dibanding-bandingkan dengan kesuksesan Khabib Nurmagomedov. Lantas, apakah Makhachev lebih hebat daripada Khabib?

Makhachev menyita perhatian usai mengalahkan Charles Oliveira di UFC 280, Minggu (23/10) dini hari WIB. Kemenangan Makhachev sudah diprediksi karena petarung asal Dagestan itu dilatih oleh Khabib.

Bahkan Makhachev dinilai memiliki kualitas bertarung yang lebih tinggi dibandingkan Khabib sebagai sesama petarung asal Dagestan. Hal itu diakui oleh pelatih Islam Makhachev, Javier Mendez.

“Islam [Makhachev] cukup pintar untuk berlatih dengan orang lain, dia punya pelatih hebat bersamanya. Serangannya berada jauh di atas Khabib karena faktanya Islam latihan menyerang bertahun-tahun,” kata Mendez dikutip dari Sportskeeda.

Makhachev dinilai memiliki gaya bertarung lebih ofensif. Petarung 31 tahun itu cenderung mengandalkan strike ketika berusaha menumbangkan lawan.

Dalam 13 pertarungan di UFC, Makhachev tercatat sudah dua kali mengalahkan lawannya dengan KO/TKO, enam kali menang lewat submission, dan empat kali melalui unanimous decision. Makhachev pernah kalah KO ketika melawan Adriano Martins di UFC 192.

[Gambas:Video CNN]

Sementara Khabib yang sama-sama membukukan 13 pertarungan di UFC, dianggap lebih mengutamakan grappling untuk berduel di octagon.

Petarung yang kini berusia 34 tahun itu tidak menyerang secara sporadis, namun lihai dalam melihat kelemahan lawan untuk melakukan kuncian.

Itu membuat Khabib punya rekor sempurna tak terkalahkan selama di UFC. Khabib tercatat mengalahkan lawan dengan lima submission, dua KO/TKO, dan enam unanimous decision.

Kendati demikian, Javier Mendez berpendapat gaya bertarung Khabib tak lebih baik dibandingkan Makhachev.

“Yang dilakukan Islam tapi tidak pernah dikeluarkan oleh Khabib adalah [Islam] punya bantingan, bantingan judo, leg sweep, dan leg trip. Khabib punya kemampuan itu tapi levelnya tidak sebanding dengan Makhachev,” ujar Mendez dikutip Bloody Elbow.

Dalam catatan MMA By The Numbers , Makhachev nampak punya rekor yang lebih baik dalam akurasi takedown, sementara Khabib unggul dalam kontrol terhadap serangan. Itu terlihat dalam sembilan duel pertama Makchachev dan Khabib.

Pengakuan Makhachev merupakan versi lebih hebat dibandingkan Khabib juga diakui oleh MMA Manager, Ali Abdelaziz dalam wawancaranya dengan Insider.

Hal itu disampaikan oleh Abdelaziz usai Khabib menyatakan pensiun usai UFC 254 pada 2020 lalu.

“Saya pikir dia [Makhachev] akan menjadi petarung terbaik sepanjang masa. Menurut saya dia adalah versi lebih baik dibandingkan Khabib. Saya percaya itu. Dia adalah juara masa depan tentunya.” kata Abdelaziz.

(ikh/rhr)




Sumber: www.cnnindonesia.com