Raket  

Buku ‘Pembinaan Badminton Berbasis Sport Science’ Diluncurkan, Panduan Cetak Atlet Juara

Ketua PBSI Pengprov Jawa Tengah, Basri Yusuf, luncurkan buku 'Pembinaan Badminton Berbasis Sport Science'

Rabu, 19 Oktober 2022 – 22:39 WIB

VIVA Sport – Tak bisa dipungkiri, sport science kini merupakan elemen penting dalam menunjang prestasi olahraga. Hal itu kini tertuang dalam sebuah buku.

Ya, buku berjudul “Pembinaan Badminton Berbasis Sport Science” tersebut ditulis oleh Basri Yusuf, mantan atlet pelatnas dan pelatih internasional, yang juga Ketua Umum PBSI Pengprov Jawa Tengah. Menurutnya, pelatihan berbasis sport science sangat penting untuk pembinaan atlet jangka panjang.

Sebab, sport science sangat berpengaruh terhadap pembibitan maupun bekal bagi karier para atlet, selain bakat dan juga penguasaan teknik. Selain itu, metode ini juga mampu membantu pelatih mengeluarkan potensi terbaik dari para atlet bulutangkis yang mereka bina. 

“Buku ini membedah mengenai pendekatan sport science, program pelatihan, kejuaraan, dan pemulihan berdasarkan kronologi biologis dalam tiga bagian, yaitu sebelum puber, pada saat puber dan setelah puber,” kata Basri dalam konferensi pers di sela-sela Audisi Umum PB Djarum di GOR Djarum Jati, Kudus, Rabu 19 Oktober 2022.

“Di setiap pertumbuhan atlet itu harus dimaksimalkan secara keseluruhan sesuai dengan tahapannya, bukan kronologi usianya. Jangka panjang itu bisa dalam kurun waktu 10 tahun atau 10 ribu jam latihan,” tambahnya.

Program pelatihan di buku ini dibagi ke dalam enam tingkatan berdasarkan kelompok usia. Melalui enam tahapan ini, Basri sekaligus menegaskan bahwa prestasi tidak dapat diraih dengan cara instan, namun melalui pembinaan jangka panjang. Penggunaan sport science membantu dalam menganalisa lebih banyak hal dan efekif bagi pembinaan.

Basri menjelaskan awal mula ide menulis buku ini muncul pada 2005 silam, ketika menetap di Singapura. Kala itu, ia membuat suatu diagram sederhana sebagai bahan evaluasi kepelatihan yang tepat untuk diterapkan.

Sumber: www.viva.co.id